Karya Ilmiah Muhammad Mustafa Azami

Jumat, Januari 27, 2017



Muhammad Mustafa Azami adalah salah satu ulama dunia yang fokus pada kajian ilmu hadis masa kini. Sosok ilmuwan ini mendapat julukan sebagi pendekar hadis dari India (the kninght of India). Julukan ini disematkan kepadanya karena sikapnya yang sangat kritis terhadap pemikiran para orientalis, terutama terkait kajian hadis. Beliau tidak serta merta tunduk dan “manut” pada pendapat para orientalis meski sempat menimba ilmu di sarang orientalis. Justru, ia berhasil secara komprehensif telah mementahkan argumen-argumen mereka dan meruntuhkan teori-teori orientalis, yang menyebutkan bahwa sistem sanad baru ada pada akhir abad pertama atau awal abad kedua Hijriyyah. Padahal, dari penelitian yang dilakukan Azami, sistem sanad telah ada sebelum Nabi. Bahkan saat periwayatan hadis Nabi semasa Nabi masih hidup, sistem sanad juga sudah ditemukan ada. Oleh karena itu Azami juga terkenal mendapatkan kehormatan sebagai pembela eksistensi hadis masa kini.


Sebagai seorang cendekiawan terkemuka, beliau memiliki karya ilmiah yang telah diterbitkan. Secara umum, ada dua klasifikasi karya ilmiah yang telah ditelurkan, yakni pada bidang ilmu hadis dan satu lagi bidang di luar ilmu hadis.




Pada bidang Ilmu Hadis, karya-karya imiah Muhammad Mustafa Azami adalah:

  1. Studies in Hadith Methodology and Literature
  2. Studies in Early Hadith Literature; With a critical Edition of Some Early Texs. Karya ini kemudian dialih bahakan ke dalam bahasa Arab dengan judul: Dirsat fi al hadits al-Nabawi wa Tarikh Tadwinih. Buku ini sangat terkenal dan kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh salah satu murid beliau, KH. Ali Mustafa Ya’qub dengan diberi judul: Hadis Nabawi dan Sejarah Kodifikasinya
  3. Manhajun Naqd ‘Ind al-Muhadditsin
  4. On Schatcht’s Origins of Muhammadan Jurisprudence


Adapun karya di luar ilmu hadis yang disusun Muhammad Mustafa Azami adalah:

  1. Kuttab al-Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam
  2. The History of The Qur’anic Text: From Revelation to Compilation, a Comarative Study with The Old and New Testaments. (*)

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images