"Masuk Pak Ekoooo!"

Rabu, Agustus 29, 2018



Dunia tulis dan dunia lisan kini sedang gandung dengan kata-kata "Masuk pak Eko!". Ucapan ini kini menjadi buah bibir sekaligus menjadi viral di jagat maya. Bak menjadi artis yang sedang naik daun, kata-kata ini menjadi sering terucap baik melalui tulisan grup WA,video Youtube, maupun menjadi meme yang  cukup banyak variasinya. Tentu saja, kepopuleran ini, selain karena ringan dan mudahj diucapkan, juga cukup mengandung makna jenaka.

Bagiku, ucapkan "Masuk Pak Ekoo!" memiliki arti "cocok", "tepat" atau bisa juga berarti "joss" untuk ungkapan sebuah ide yang cemerlang atau dikala menemukan solusi yang tepat guna. Bisa juga diartikan sebagai "setuju". Ini misalnya saat ada seseorang mengajak kita ke suatu tempat atau mengajak kita jalan atau melakukan sesuatu, dan kita menyetujuinya, maka lontaran 'Masuk Pak Ekoo!" akan sangat cocok di telinga.

Saya tidak tahu persis, dari mana ungkapan "Masuk Pak Ekoo!" ini berasal. Tapi memang diakui, kata-kata "Masuk Pak Ekoo!" ini cocok di lidah dan mantab di telinga.

Baca juga : Surat Ayah Amel Bikin Geger Dunia Persilatan

Dari penelusuran sederhana saya ternyata ungkapan "Masuk Pak Ekoo!" ini berasal dari seorang polisi yang benar-benar bernama Pak Eko. Ya, pria dengan nama lengkp AKP Eko Hari Cahyono (54) merupakan sumber begitu viralnya kata-kata ini. Cerita dari berita televisi Net News beberapa hari lalu, menyebutkan, bahwa Pak Eko ini merupakan salah satu instruktur di Pusdik Sabhara Porong Sidoarjo Jawa Timur.



Kata-kata "Masuk Pak Ekoo!" terucap oleh anak didik pak Eko saat pria yang berasal dari Ponoroga ini mempraktikkan melempar pisau atau senjata lainnya ke sasaran. Saat pisau itu dilempar pak Eko dan tepat sasaran maka anak didiknya apak berujar "Masuk Pak Ekoo!". Kata-kata ini pun kemudian menjadi sangat terkenal di jagat maya akhir-akhir ini.

Penelusuran lain  menyebutkan, jargon "Masuk Pak Ekoo!" merupakan salah satu hal yang dipopulerkan komedian asal Jawa Timur. Komedian ini bernama Percil, akrab disapa Cak Percil yang sering satu panggung bersama Cak Yudho Bakiak. Kata "Eko" yang dimaksud tersebut tak lain dan tak bukan adalah si dalang yang satu panggung dalam pentas lawakan yang bernama asli Eko Prisdianto.

Cak Percil dan Cak Yudho sering sekali tampil dalam panggung wayang kulit dengan dalang Eko Prisdianto.  Dalam penempilannya, Cak Percil tampil genit, khususnya kepada para pesinden yang ada di panggung. Dengan lkughat Jawa yangkenatl, Cak percil sering sekali berkelar di panggung, "Masuk pak Ekoo!"



Ungkapan inipun pada mulanya mewabah hanya di kawasan Jawa Timur, tetapi seiring viralnya video "Masuk Pak Ekoo!" oleh seorang anggota polisi, maka kata-kata ajaib ini mendadak terkenal seantero Indonesia, bahkan mungkin juga sudah sampai ke mancanegara.

Piye, wes paham tho? Masuk Pak Ekoo!

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images