Tidak Sekadar Khas

Selasa, September 14, 2010

BAGI mantan personel grup Rebana Al-Mubarok Kudus, Yazid Al Busthomi, Ashfal Maula atau yang lebih akrab disapa Gus Apang ini memiliki suara yang khas. Olah vokal yang dikeluarkan saat menyanyikan salawat maupun lagu-lagu religi lainnya begitu berbeda dengan suara penyanyi-penyanyi religi lainnya.
”Dia punya karakter suara yang lembut yang pas dan enak didengar,” terang alumni Qudsiyyah angkatan 2005 ini.

Menurutnya, melalui lagu-lagu yang dibawakan maupun karya yang dihasilkan dengan didukung warna suara tersebut akan memudahkan masyarakat untuk menikmati karya, sekaligus bisa menerima karya seni suara tersebut. “Pokoknya enak banget untuk didengerin,” kata dia.

Lelaki yang juga pegiat Sanggar Poentoen’ Studiart Kudus tersebut menambahkan, suara yang dimiliki Gus Apang tidak hanya sekadar khas dan memiliki corak warna tertentu. Menurutnya, saat tampil bersama di grup Rebana Al-Mubarok, suara Gus Apang juga mampu membangkitkan semangat ‘rasa’ bagi para personel lain.

“Kadang-kadang kan ada vokal yang hanya mampu membangkitkan emosi para personel dengan keras, tetapi ia mampu membawa personel lainnya menikmati dengan rasa yang mendalam. Ini yang membuatnya berbeda dengan vokalis-vokalis lain,” paparnya.

Mengenai album-album lagu religi yang telah diluncurkan, Yazid menilai sangat bagus. ”Banyak penikmat album-albumnya. Selain suaranya yang bagus album-albumnya memberikan variasi berbeda dibanding lagu-lagu religi pada umumnya. Tidak hanya di Kudus tetapi juga seluruh Indonesia, bahkan beberapa tahun terakhir dia telah merambah ke mancanegara,” ujarnya.

Mengeni harapannya, Yazid meminta agar Gus Apang terus berkarya menghasilkan lagu-lagu religi yang berkualitas dan bisa diterima masyarakat. Sebab, melalui karya-karya religi tersebut selain sebagai pengisi jiwa juga lagu-lagu religi tersebut adalah bentuk dakwah untuk kebaikan.

Disamping itu Yazid juga berharap agar Gus Apang semakin getol menularkan ilmu dalam berseni suara pada generasi penerusnya. “Membimbing dan membina adik-adik sehingga akan lahir banyak vokalis-vokalis handal yang akan lebih menyemarakkan dunia,” imbuhnya. (*)

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images