Nyoblos, Sejam Kemudian Keluar Hasil Pemenang

Rabu, Juni 27, 2018




Pilkada serentak kali ini berjalan dengan aman dan lancar. Tak ada berita tentang kekacauan maupun "geger genjik" soal pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018 ini, baik di media cetak, televiasi maupun utamanya di dunia maya. Di semua wilayah, pelaksanaan pilkada pada Rabu, 27 Juni 2018 ini berjalan aman tenteram dan adem ayem. 

Salah satu catatan menarik dari pilkada kali ini adalah masyarakat utamanya para kontestan yang berlaga dan para pendukung tak perlu lama menanti penghitungan suara dari KPU yang relatif memakan waktu berhari-hari hingg berminggu-minggu. Kini, dalam hitungan jam, masyarakat sudah mengetahui hasil akhir siapa yang menang dan siapa yang kalah. 

Ya, melalui hitung cepat yang dilakukan berbagai lembaga survei, mereka akan segera berduka atau bersuka cita. berduka bagi mereka yang kalah, dan sebaliknya, senyumnya mengembang di kala mengetahui menjadi juara dalam merebut suara pemilih di daerhanya masing-masing.

Pilkada serentak kali ini diikuti oleh 17 provinsi  39 kota, dan 115 kabupaten. Ketujuh belas provinsi tersebut adalah Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua, dan Maluku Utara.

Sedangkan di kota madya yang berlangsung pilkada tahun 2018 ini adalah Kota Serang, Kota Tangerang, Kota Bengkulu, Kota Gorontalo, Kota Jambi, Kota Bekasi, Kota Cirebon, Kota Sukabumi, Kota Bandung, Kota Banjar, Kota Bogor, Kota Tegal, Kota Malang, Kota Mojokerto, Kota Probolinggo, Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Pontianak, Kota Palangkaraya, Kota Tarakan, Kota Pangkal Pinang, Kota Tanjung Pinang, Kota Tual, Kota Subulussalam, Kota Bima, Kota Palopo, Kota Parepare, Kota Makassar, Kota Bau-bau, Kota Kotamobagu, Kota Sawahlunto, Kota Padang Panjang, Kota Pariaman, Kota Padang, Kota Lubuklinggau, Kota Pagar Alam, Kota Prabumulih, Kota Palembang, dan Kota Padang Sidempuan.

Adapun di daerah kabupaten ada 115 kabupaten yang turut serta meramaikan pagelaran pilkada serentak ini. Mereka adalah Aceh Selatan, Pidie Jaya, Padang Lawas Utara, Batu Bara, Padang Lawas, Langkat, Deli Serdang, Tapanuli Utara, Dairi, Indragiri Hilir, Merangin, Kerinci, Muara Enim, Empat Lawang, Banyuasin, Lahat, Ogan Komering Ilir, Tanggamus, Lampung Utara, Bangka, Belitung, Purwakarta, Bandung Barat, Sumedang, Kuningan, Majalengka, Subang, Bogor, Garut, Cirebon, Ciamis, Banyumas, Temanggung, Kudus, Karanganyar, Tegal, Magelang, Probolinggo, Sampang, Bangkalan, Bojonegoro, Nganjuk, Pamekasan, Tulungagung, Pasuruan, Magetan, Madiun, Lumajang, Bondowoso, Jombang, Tangerang, Lebak, Gianyar, Klungkung, Lombok Timur, Lombok Barat, Sikka, Sumba Tengah, Nagekeo, Rote Ndao, Manggarai Timur, Timor Tengah Selatan, Alor, Kupang, Ende, Sumba Barat Daya, Kayong Utara, Sanggau, Kubu Raya, Pontianak, Kapuas, Sukamara, Lamandau, Seruyan, Katingan, Pulang Pisau, Murung Raya, Barito Timur, Barito Utara, Gunung Mas, Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Tanah Laut, Tabalong, Panajam Pasut, Minahasa, Bolmong Utara, Sitaro, Minahasa Tenggara, Kep Talaud, Morowali, Parigi Moutong, Donggala, Bone, Sinjai, Bantaeng, Enrekang, Sidereng Rappang, Jeneponto, Wajo, Luwu, Pinrang, Kolaka, Gorontalo Utara, Mamasa, Polewali Mandar, Maluku Tenggara, Membramo Tengah, Paniai, Puncak, Deiyai, Jayawijaya, Biak Numfor, dan Mimika.

Pertanyaan berikutnya adalah, bagaimana nanti saat pemilu legislatif 2019 mendatang. Apakah hitung cepat yang biasa disebut dengan Quick count bisa mengetahui dengan cepat dan akurat siapa saja wakil rkayat baik di tingkat kabupaten (DPRD), tingkat provinsi maupun DPR pusat yang terpuilih? Bisakah hitung cepat mampu memberikan jawaban, kita tunggu saja nanti. (*)

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook

Flickr Images